Kali ini admin mencoba akan sedikit bercerita mengenai kesibukan Crew Carnival saat melayani tamu maupun kesibukan Crew lain di belakang layar.Seperti yang admin alami saat sebagai Crew Carnival yang berposisi sebagai Assistant Stateroom Steward.Kesibukan yang luar biasa saat kapal pesiar kembali ke homeport (port di Amerika),saat kapal selesai berpesiar sehingga tamu lama harus turun yang kemudian tamu baru masuk ke kapal.
Saat tamu baru masuk itulah semua nya harus sudah siap.Sebagai yang diperlihatkan di dalam video .Bagaimana Crew begitu sibuk mengatur dan memasukkan bahan bahan makanan dan keperluan lain dari marseiling area ke dalam store room atau tempat penyimpanan dengan menggunakan forklift.Crew store room begitu cekatan dan cepatnya memasukkan barang yang berasal dari luar kapal ,lalu kemudian dimasukkan ke dalam kapal melalui gangway,ditempatkan sementara di Marselina area dan kemudian secara teratur dimasukkan ke tempat penyimpanan.Semua pekerjaan itu harus cepat diselesaikan secara kolektif dengan kolega lain mengingat pihak Otoritas pelabuhan membatasi dari sisi waktu kapal untuk bersandar.
Ditempat lain,seperti yang dialami penulis,saat itu juga teman teman Assistant Stateroom dan Stateroom Steward mempersiapkan kamar secepat dan sebersih mungkin sebelum tamu masuk.Dan semua itu juga harus dilakukan dengan cepat,cekatan,ndak boleh pakai lama mas bro!!
Di galley(dapur),Cook,commis,galley Steward,dan Crew lain juga sangat sibuk mempersiapkan menu untuk makan siang dan makan malam.Bar waiter pun juga sibuk menawarkan minuman,Crew entertainment juga mulai sibuk dengan acara hiburannya.Crew Front Office pun sangat sangat sibuk dengan proses check in tamu.Crew security juga sibuk di gangway guna memeriksa tas atau koperasi bawaan tamu jangan sampai ada hal yang dilarang masuk ke kapal. Crew restoran juga sama sibuknya menyambut mereka dengan hidangan makan siang di pool area.Crew galley Steward sibuk pula mempersiapkan alat alat dapur dan alat makan agar selalu dalam keadaan bersih dan tidak berkekurangan.
Ditempat lain lagi,di marseiling area kawan kawan saya juga sudah sibuk dengan delivery koper koper tamu ke kamar tamu.Jumlah koper yang harus didelivery jumlahnya bisa ribuan guys,serius,ribuan.Bisa dibayangkan betapa amat melelahkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak ringan tersebut.Namun dari pengalaman penulis,pekerjaan itupun juga bisa diselesaikan dengan cepat asal kerjasama dengan kolega lainnya bisa terkoordinasi dengan baik.
Di video juga diperlihatkan bagaimana saat dinner ,begitu sibuknya waiter ,waitres sibuk menawarkan menu dan mengambil menu makanan dari area galley .Di galley harus antri mengambil makanan sesuai pesanan tamu.Dan pekerjaan tersebut harus dilakukan secara cepat.karena kalo terlalu lama akan rawan dengan komplain tamu.
Bisa dibayangkan kalo kapal pesiar dengan kapasitas terkecil di Carnival berisi tamu:2000 orang dan 1000 Crew.Betapa luar sibuknya mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya.Seringkali kita sendiri keteteran untuk menuntaskan pekerjaan kita hingga tak ada waktu untuk membantu kawan.
Jadi akhir kata,perlu persiapan mental dan kondisi badan sehat yang bisa bekerja di kapal pesiar itu.Tak ada libur selama 1 kontrak kerja,liburnya hanya saat cuti pulang selama 2 bulanan.Namun itu semua oke lah dengan gaji yang diterima.
=========================================================================================
Untuk pemula (non pengalaman) yang ingin mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kapal Pesiar International
bisa bergabung dengan MARINE CRUISE YOGYAKARTA.
hub chat :WA:087-788-445-111